TY - THES AV - public A1 - Astuti, Ratna Dwi PB - UNY TI - Hubungan Motivasi Belajar, Persepsi Siswa mengenai Kreativitas Guru dalam Mengajar, dan Sikap Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bantul. KW - motivasi belajar KW - persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar KW - sikap ilmiah KW - hasil belajar Y1 - 2017/08/31/ ID - UNY53522 UR - http://eprints.uny.ac.id/53522/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (2) hubungan antara persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar, (3) hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar, serta (4) hubungan antara motivasi belajar, persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, dan sikap ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar pada siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di 17 sekolah dasar negeri se-Kecamatan Bantul. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-Kecamatan Bantul sebanyak 699 siswa. Sampel sebanyak 233 siswa berasal dari seluruh sekolah yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner yang digunakan berupa skala motivasi belajar, skala persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, dan skala sikap ilmiah. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan nilai raport sebagai data mengenai hasil belajar. Validitas instrumen dilakukan dengan validasi tampang oleh dosen pembimbing dan validasi isi melalui expert judgment. Validitas konstruk instrumen dilakukan melalui analisis faktor eksplanatori dan estimasi reliabilitas dengan menggunakan koefisien cronbach alpha yang dilaksanakan terhadap 51 siswa dari seluruh sekolah. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai r=0,195 (p=0,003), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai r=0,240 (p=0,000), (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai r=0,230 (p=0,000), serta (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, persepsi siswa mengenai kreativitas guru dalam mengajar, dan sikap ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar yang ditunjukkan nilai R=0,316 (p=0,000). M1 - tesis ER -