TY - THES ID - UNY53520 UR - http://eprints.uny.ac.id/53520/ AV - public M1 - tesis A1 - Hasanah, Nur TI - Pengaruh Dukungan dan Penerimaan Orangtua terhadap Efikasi Diri pada Anak Usia Dini. Y1 - 2017/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dukungan orangtua terhadap efikasi diri anak usia dini; (2) pengaruh penerimaan orangtua terhadap efikasi diri anak usia dini; dan (3) pengaruh dukungan dan penerimaan orangtua terhadap efikasi diri pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 162 anak Taman Kanak-kanak se Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 129 anak, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dukungan orangtua berpengaruh terhadap efikasi diri anak usia dini dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya dukungan orangtua dapat memprediksikan efikasi diri pada anak usia dini, dukungan orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 17% terhadap efikasi diri; (2) penerimaan orangtua berpengaruh terhadap efikasi diri anak usia dini dengan signifikansi 0,033 (p<0,05), artinya penerimaan orangtua dapat memprediksikan efikasi diri pada anak usia dini, penerimaan orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 3,5% terhadap efikasi diri; (3) dukungan dan penerimaan orangtua berpengaruh terhadap efikasi diri dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya dukungan dan penerimaan orangtua secara bersama-sama dapat memprediksikan efikasi diri pada anak usia dini. Dukungan dan penerimaan orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 20,5% terhadap efikasi diri. KW - dukungan orangtua KW - penerimaan orangtua KW - efikasi diri KW - anak usia dini PB - UNY ER -