%X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media reflective-picture story book yang layak untuk meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial, dan 2) mengetahui keefektifan media reflective-picture story book dalam meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan model research and development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, skala, dan angket. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara dan lembar observasi analisis kebutuhan, angket terbuka penilaian diri dan teman sebaya, skala penilaian ahli materi dan ahli media, skala respon guru dan respon siswa, lembar observasi karakter disiplin, dan skala konsep diri sosial. Kelayakan media reflective-picture story book dianalisis menggunakan konversi skor ke dalam empat kategori kuantitatif. Keefektifan media reflective-picture story book dalam meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial dianalisis dengan skor N-gain, uji t, dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media reflective-picture story book memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil skala respon guru dan respon siswa dengan kriteria sangat layak; dan 2) media reflective-picture story book dinyatakan efektif untuk meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Hasil analisis skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain karakter disiplin dan konsep diri sosial di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji t dan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media reflective-picture story book dapat meningkatkan karakter disiplin dan konsep diri sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05). %K media reflective-picture story book, karakter disiplin, konsep diri sosial %A Maylina Purwaningtyas %L UNY53509 %T Pengembangan Media Reflective-Picture Story Book untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Bantul. %D 2017 %I UNY