@phdthesis{UNY53503, year = {2017}, month = {August}, school = {UNY}, title = {Keefektifan Pembelajaran Cooperative Intregated Reading And Composition (CIRC) dan Model Sinektik pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Magelang}, author = {Siti Suratiah}, abstract = {Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi (1) perbedaan keefektifan antara: (1) penggunaan model CIRC dengan pembelajaran konvensional, (2) penggunaan model sinektik dengan pembelajaran konvensional, (3) penggunaan model CIRC dengan model sinektik dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP.. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pretest- Postest Control Group Design), dengan dua kelompok eksperimen, masing-masing diberi perlakuan dengan model CIRC dan model sinektik, serta satu kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 12 Kota Magelang. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan secara random. Pengumpulan data penelitian melalui rubrik penilaian keterampilan menulis teks deskripsi. Instrumen divalidasi dengan uji validitas isi yang melibatkan expert judgment. Teknik ulang digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen. Data dianalisis dengan Anava dilanjutkan dengan uji Scheffe . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model CIRC lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP, dibuktikan dengan batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 1 terhadap kelas kontrol yang lebih besar daripada kelas kontrol terhadap kelas eksperimen 1 (14,7686 dan 2,7514 {\ensuremath{>}} -2,7514 dan -14,7686), (2) model sinektik lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP, dibuktikan dengan batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 2 terhadap kelas kontrol yang lebih besar daripada kelas kontrol terhadap kelas eksperimen 2 (14,7286 dan 2,7114{\ensuremath{>}}-2,7114 dan -14,7286), dan (3) model CIRC lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model sinektik, dibuktikan dengan batas bawah konfidensi kelas eksperimen 1 bernilai negatif sebesar -4,4280 dan batas atas bernilai positif sebesar 6,9080, sedangkan batas bawah konfidensi kelas eksperimen 2 bernilai negatif -6,9080 dan batas atas bernilai positif 4, 4280. Jadi dapat disimpulkan bahwa batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 1 terhadap kelas eksperimen 2 lebih besar dari batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 2 terhadap kelas eksperimen 1}, keywords = {Keefektifan, Pembelajaran, CIRC, Sinektik, Menulis Teks Deskripsi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53503/} }