<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model advance organizer yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis peserta didik SMA, (2) mengetahui bagaimanakah pemanfaatan perangkat pembelajaran fisika model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis peserta didik SMA, dan (3) mengetahui seberapa besar nilai effect size perangkat pembelajaran fisika model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis.\r\nPenelitian menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan draft produk), (3) develop (penilaian ahli dan praktisi, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Produk perangkat pembelajaran fisika model advance organizer yang dikembangkan ini terdiri dari silabus, RPP, handout, media pembelajaran (slide powerpoint), dan LKPD. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 31 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Mlati. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri atas 32 peserta didik kelas X MIPA 2 dan pada kelas kontrol terdiri atas 30 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Mlati. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis dan angket respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model advance organizer: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan praktisi serta respon peserta didik, (2) bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan komunikasi matematis peserta didik SMA, dan (3) nilai analisis effect size adalah f = 0,625 terhadap kemampuan literasi sains dan f = 0,342 terhadap kemampuan komunikasi matematis"^^ . "2017-07-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Aulia Silvia"^^ . "Anandita"^^ . "Aulia Silvia Anandita"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA (Text)"^^ . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #53465 \n\nPengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA\n\n" . "text/html" . . . "Fisika"@en . .