%0 Thesis %9 S2 %A Waruwu, Meimanius %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:53463 %I UNY %K perangkat pembelajaran, integrated science webbed model, keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan, pemahaman konsep IPA %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Webbed Model untuk Mengoptimalkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Peduli Lingkungan, dan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas VII SMP pada Tema Konservasi %U http://eprints.uny.ac.id/53463/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu model webbed yang layak pada tema “Konservasi” peserta didik kelas VII SMP, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA terpadu model webbed yang dikembangkan untuk mengoptimalkan keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan, dan pemahaman konsep IPA kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang meliputi 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan dan kajian literatur; (2) rancangan penelitian; (3) pengembangkan bentuk produk awal; (4) validasi produk; (5) revisi terhadap produk awal; (6) uji coba awal; (7) revisi terhadap uji coba awal; (8) uji coba utama; (9) revisi terhadap produk akhir; dan (10) desiminasi produk. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 97 peserta didik dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan 33 peserta didik kelas VII-a; (2) uji coba utama menggunakan 32 peserta didik kelas VII-b sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VII-c sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan angket untuk penilaian produk dan respon peserta didik terhadap LKPD, lembar observasi untuk mengumpulkan data keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan, dan keterlaksanaan pembelajaran, serta soal pilihan berganda untuk mengumpulkan data pemahaman konsep peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, respon peserta didik terhadap LKPD, hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil observasi keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan peseraat didik, dan nilai pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, gain standar, serta analisis signifikansi dengan One-way Manova T2 Hoteling. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran integrated science webbed model yang terdiri atas silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA pada tema konservasi peserta didik kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk mengoptimalkan keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan, dan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII