relation: http://eprints.uny.ac.id/53462/
title: Pengembangan Modul Berbasis Geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Pendekatan  Problem-Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 2 Playen
creator: Hidriya, Hajrah
subject: Biologi
description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul berbasis  geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA, dan (2) mengetahui keefektifan modul tersebut  terhadap  sikap  berpikir  kritis  dan  kemampuan  memecahkan  masalah siswa kelas X SMA.  Penelitian ini adalah research and development (R&D) yang mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari  10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli dan praktisi, (5) revisi validasi ahli dan praktisi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi uji coba terbatas, (8) uji coba lebih luas, (9) revisi uji coba lebih luas, dan (10) desiminasi produk akhir. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 23 siswa kelas X IPA I dan uji coba lebih luas terdiri dari 23 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan   data   menggunakan pedoman lembar penilaian produk  pengembangan, lembar pengamatan sikap berpikir kritis, tes kemampuan memecahkan masalah, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil pengembangan sikap berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah kelas eksperimen dan kontrol.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  modul  berbasis  geoheritage Gunung Api  Purba  Nglanggeran  yang  diintegrasikan  dengan  model  Problem- Based Learning (PBL) layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA dengan kategori sangat baik.Penggunaan modul tersebut dapat mengembangkan sikap berpikir kritis dengan nilai rata-rata sebesar 2,90 dalam kategori sedang dan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan nilai gain  0,59 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol pada taraf signifikansi 0,000<0,05
date: 2017-08-25
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/53462/1/tesis-hajrah-hidriya-15725251031.swf
identifier:   Hidriya, Hajrah  (2017) Pengembangan Modul Berbasis Geoheritage Gunung Api Purba Nglanggeran dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X di SMA N 2 Playen.  S2 thesis, UNY.