TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/53453/ AV - public KW - Creative Problem Solving (CPS) KW - Problem Based Learning (PBL) KW - Kemampuan berpikir kreatif KW - Kemampuan pemecahan masalah TI - Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah. M1 - tesis ID - UNY53453 A1 - Melisa, Desy PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA N 2 Klaten, dan (2) perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA N 2 Klaten. Jenis penelitan ini adalah eksperimen semu dengan desain cluster randomized comparison group, pretest-posttes design dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 2 Klaten. Sampel penelitian adalah 60 peserta didik yang terbagi pada dua kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak yang terdiri dari kelas X MIPA 7 dengan perlakukan model CPS dan kelas X MIPA 6 dengan perlakukan model PBL. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kreatif berjumlah 8 butir soal dan tes kemampuan pemecahan masalah berjumlah 12 butir soal. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Independet Sample T-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang siginifikan antara model CPS dan PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran CPS dan PBL efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dan (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model CPS dan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran CPS dan PBL efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Y1 - 2017/09/29/ ER -