@phdthesis{UNY53442, title = {Pengaruh Pola Asuh dan Keterlibatan Orang Tua dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan}, author = {Ajeng Rahayu Tresna Dewi}, month = {September}, year = {2017}, school = {UNY}, keywords = {Pola Asuh, Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Sosial Emosional}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53442/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh pola asuh dan keterlibatan orang tua dalam bidang pendidikan terhadap perilaku sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Cipicung dengan sampel yang diambil dari seluruh populasi. Data dikumpulkan melalui angketdan observasi. Analisis menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) orang tua di Kecamatan Cipicung menerapkan pola asuh authoritative, hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 84,66 \% artinya 127 orang tua lebih menerapkan pola asuh authoritative; 2) pola asuh authoritative berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p{\ensuremath{<}}0,05); 3) pola asuh authoritarian berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p{\ensuremath{<}}0,05); 4) pola asuh indulgent tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,866 (p{\ensuremath{>}} 0,05) 5) pola asuh indifferent tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,121 (p{\ensuremath{>}} 0,05); 6) keterlibatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p{\ensuremath{<}}0,05); dan 7) pola asuhauthoritative, authoritarian, indulgent, indifferent dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial emosional anak dengan signifikansi 0,000 (p{\ensuremath{<}}0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 0,543 artinya pola asuh authoritative, authoritarian, indulgent, indifferentdan keterlibatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh sebesar 54,3 \% terhadap perilaku sosial emosional anak} }