eprintid: 53441 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/05/34/41 datestamp: 2017-10-20 01:35:54 lastmod: 2019-05-09 08:17:05 status_changed: 2017-10-20 01:35:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Lita Purnama title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Tk Usia 4-5 Tahun ispublished: pub subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_paud full_text_status: public keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Team Games Tournament (TGT), Motorik Kasar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan Motorik Kasar anak usia 4-5 Tahun, (2) pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun, dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Motorik Kasar anak Usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 27 Taman Kanak-kanak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 11Taman Kanak-kanak, dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket . Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya Student Teams Achievement Division (STAD) dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun; (2) Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,033 (p<0,05), artinya Team Games Tournament (TGT) dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun; (3) Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournamen) (TGT) berpengaruh terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) secara bersama-sama dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) memberikan sumbangan efektif sebesar 87,59% terhadap motorik kasar date: 2017-09-29 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Sari, Lita Purnama (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Tk Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/53441/1/tesis-lita-purna-sari-15717251005.swf