eprintid: 53441
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1290
dir: disk0/00/05/34/41
datestamp: 2017-10-20 01:35:54
lastmod: 2019-05-09 08:17:05
status_changed: 2017-10-20 01:35:54
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Sari, Lita Purnama
title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan  Motorik Kasar Anak Tk Usia 4-5 Tahun
ispublished: pub
subjects: pssd_pgpaud
divisions: pps_paud
full_text_status: public
keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Team Games Tournament (TGT), Motorik Kasar
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh  model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan Motorik Kasar anak usia 4-5 Tahun, (2) pengaruh  model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 tahun, dan (3) pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)  dan Team Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Motorik Kasar anak Usia 4-5 tahun.
	Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 27  Taman Kanak-kanak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 11Taman Kanak-kanak, dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket . Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS.
	Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya Student Teams Achievement Division (STAD) dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun; (2) Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,033 (p<0,05), artinya Team Games Tournament (TGT) dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun; (3) Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournamen) (TGT) berpengaruh terhadap motorik kasar dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) artinya Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) secara bersama-sama dapat memprediksikan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) memberikan sumbangan efektif sebesar 87,59% terhadap motorik kasar
date: 2017-09-29
date_type: published
institution: UNY
department: Program Pascasarjana
thesis_type: tesis
citation:   Sari, Lita Purnama  (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Tk Usia 4-5 Tahun.  S2 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/53441/1/tesis-lita-purna-sari-15717251005.swf