TY - THES TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA BAGI SISWA SMA/MA KELAS XTI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004 AV - public M1 - skripsi ID - UNY5341 UR - http://eprints.uny.ac.id/5341/ Y1 - 2010/09/03/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan su.mber belajar di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Siswa untuk mata pelalaran kimia (LKS-Kimia) bagi siswa SMAIMA kelas XII semester 1 berdasarkan Kurikulum 2004 serta untuk mengetahui kualitas LKS-Kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian reviewer. Pengembangan LKS-:Kimia ini dibimbing cleh dosen pembimbing serta mendapat masukan-masukan dari peer reviewer dan ahli media. Instrumen penilaian untuk LKS-Kimia ini berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru bidang studi kimia SMA/MA kelas XII, meliputi 9 aspek penilaian (24 l-riteria) dan siswa SN4A/MA kelas XII, meliputi 4 aspek penilaian (S kriteria). Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman k_riteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKS¬Kimia. Hasil peneiitian ini berupa LKS-Kimia bagi siswa SMA/VIA kelas Xll semester 1 berdasarkan Kurikulum 2004. LKS-Kimia tersebut terdiri dari 5 materi pokok, yaitu Perhitungan Sifat Koligatif Larutan, Sifat Koligatif Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Reaksi Redoks dan Elektrokimia, Sel Elektrolisis, serta Korosi. Komponen LKS-Kimia yang dikembangkan terdiri dari judul, kompetensi, ringkasan materi, kegiatan siswa, info kimia, dan soal latihan. LKS-Kimia yang telah dikeir.bangkan mempunyai kualitas yang sangat baik (SB) menurut penilaiar. 5 guru bidang studi kimia SMAWA, keias XIl dengan skor 103,56; dan 10 siswa SMAIMA l:elas XII dengar. skor 33,25. Skor tersebui jika dinyatakan dalann persen;ase keidealan adalah 86,30% dan 83,15%, sehingga iayak digunakan sebagai sumber belajar penunjang. A1 - Reni, Susiana Dewi PB - UNY ER -