TY - THES Y1 - 2017/09/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia permainan interaktif pembelajaran berhitung yang layak bagi anak diskalkulia usia prasekolah. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah pengembangan multimedia Aless & Trollip. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga fase pengembangan yang meliputi: (1) perencanaan, (2) perancangan, dan (3) pengembangan yang dilengkapi atribut dalam setiap fase pengembangannya, yaitu standar, evaluasi berkelanjutan, dan manajemen proyek. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan sembilan anak diskalkulia usia prasekolah di Indigrow Child and Development Center. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, kuesioner validasi ahli, dan kuesioner respon pengguna. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini berupa produk multimedia permainan interaktif pembelajaran berhitung bagi anak diskalkulia usia prasekolah berupa permainan puzzle dan logika yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD) dengan menggunakan software Adobe Flash CS3. Multimedia dapat dioperasikan oleh pengguna dalam mode offline. Multimedia permainan interaktif terdiri dari dua area permainan, yaitu area visual-spasial dan area sekuensial. Area visual-spasial terdiri dari permainan geometri, klasifikasi dan simbolisasi. Area sekuensial terdiri dari permainan prosedur, korespondensi, dan bilangan. Multimedia permainan interaktif dinilai sangat layak berdasarkan hasil penilaian uji alpha dengan persentase kelayakan 88,33% dari ahli media dan persentase kelayakan 91,6% dari ahli materi serta berdasarkan hasil penilaian uji beta dengan persentase kelayakan 85,18% dari respon pengguna A1 - Fathimah, Nusuki Syari'ati PB - UNY ID - UNY53409 M1 - tesis AV - restricted TI - Pengembangan Multimedia Permainan Interaktif Pembelajaran Berhitung bagi Anak Diskalkulia Usia Prasekolah KW - multimedia permainan KW - berhitung KW - diskalkulia KW - prasekolah UR - http://eprints.uny.ac.id/53409/ ER -