@phdthesis{UNY53407, author = {Sulastri Sulastri}, title = {PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO GERAK LAGU ANAK CERIA (GELARIA) TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TK PEDAGOGIA}, month = {September}, year = {2017}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53407/}, keywords = {Media Audio, GELARIA, Motorik Kasar, anak TK kelompok B}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar penggunaan media audio Gerak lagu Anak Ceria (GELARIA) dengan yang menggunakan Senam Irama Ceria (SIC) dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pedagogia Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dengan variabel bebas pembelajaran dengan GELARIA dan SIC, serta variabel terikat kemampuan motorik kasar anak kelompok B. Desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 18 anak kelas Yudhistira dan kelas Bima. Sembilan (9) anak kelas Yudhistira sebagai kelompok eksperimen dan 9 anak kelas Bima sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara metode pembelajaran yang menggunakan media GELARIA dengan yang menggunakan SIC. GELARIA lebih berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan SIC. Hal tersebut berdasarkan analisis uji-t kedua kelompok, diperoleh t hitung yaitu 2,346 yang mana lebih besar dari t tabel (2,262) dan memperoleh nilai signifikansi 0,016 lebih kecil dari 0,05. Nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen sebesar 79,03 dan kelas kontrol sebesar 68,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media GELARIA lebih signifikan mempengaruhi kemampuan motorik kasar anak kelompok B.} }