%I UNY %D 2017 %T Analisis Kesalahan Ejaan, Sintaksis, dan Persepsi terhadap Indonesia pada Naskah Mini Project Mahasiswa Tionghoa Tahun Akademik 2014/2015 di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY53382 %K analisis kesalahan, ejaan, sintaksis, persepsi, mini project, mahasiswa Tionghoa, BIPA %A Ruwet Rusiyono %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada aspek ejaan dan sintaksis serta persepsi terhadap Indonesia dalam naskah mini project mahasiswa Tionghoa tahun akademik 2014/2015 di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 13 naskah mini project mahasiswa Tionghoa di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi yang meliputi tahap (1) unitizing, (2) sampling, (3) recording/coding, (4) reducing data, (5) inferring, dan (6) narrating. Hasil penelitian, pertama menunjukkan terdapat kesalahan pada tataran ejaan meliputi (1) kesalahan pemakaian huruf sebanyak 1162 kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata sebanyak 122 kesalahan, (3) kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 57 kesalahan, dan (4) kesalahan penulisan unsur serapan sebanyak 36 kesalahan. Total kesalahan ejaan adalah 1337 kesalahan atau 5,26%. Kedua, kesalahan pada tataran sintaksis, meliputi (1) kesalahan subjek sebanyak 103 kesalahan, (2) kesalahan predikat sebanyak 17 kesalahan, (3) kesalahan objek sebanyak 8 kesalahan, (4) kesalahan keterangan sebanyak 1 kesalahan, dan kesalahan pelengkap sebanyak 4 kesalahan.Total kesalahan sintaksis adalah 133 kesalahan atau 45,47%. Ketiga, persepsi mahasiswa Tionghoa terhadap Indonesia meliputi 10 hal, tiga hal yang dominan yaitu (1) stereotip masyarakat Tionghoa terhadap Indonesia, (2) mispersepsi terhadap budaya Indonesia, (3) kebijakan pemerintah Indonesia yang tidak konsisten di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, politik, dan pendidikan.