eprintid: 53340 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/05/33/40 datestamp: 2017-10-17 00:57:32 lastmod: 2019-05-09 08:13:53 status_changed: 2017-10-17 00:57:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syarifuddin, Syarifuddin title: Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se-Gugus I Palakka Bone ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_pd full_text_status: public keywords: pendekatan saintifik, pemahaman konsep, berpikir kritis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep pada pembelajaran IPA , (2) pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap berpikir kritis pada pembelajaran IPA, dan (3) pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis pada pembelajaran IPA . Penelitian ini merupakan quasi exsperiment dengan menggunakan pretest-posstest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Gugus I Palakka Bone sebanyak enam sekolah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Hasil yang didapat adalah siswa kelas V SDN 28 Usa sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen I, siswa kelas V SD Inpres 5/81 Passippo sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan siswa kelas V SDN 30 Mico sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes essai. Validasi instrumen diukur dengan uji statistic Pearson correlation dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan independent sample t-test dan manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep pada pembelajaran IPA; hasil yang didapat sebesar 0.003. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap berpikir kritis pada pembelajaran IPA; hasil analisis yang didapat sebesar 0.000. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis secara bersama-sama, hasil analisis yang didapat sebesar 0.000. Dengan demikian pendekatan saintifik lebih efektif digunakan untuk pelajaran IPA dalam meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. date: 2017-08-25 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Syarifuddin, Syarifuddin (2017) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se-Gugus I Palakka Bone. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/53340/1/tesis-syarifuddin-15712259023.swf