%0 Thesis %9 S2 %A Rahmanto, Agung %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:53326 %I UNY %K pendidikan karakter, sekolah dasar %T Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dan SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/53326/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dan SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Unit analisis dalam penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dan SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru ekstrakurikuler, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalis secara induktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Nitikan dan SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dilakukan melalui 1) integrasi dalam pembelajaran, 2) budaya sekolah, 3) kegiatan ekstrakurikuler, dan 4) kerjasama dengan orang tua dan masyarakat. Pertama, pendidikan karakter melalui integrasi pembelajaran dilakukan dengan cara menumbuhkan nilai karakter yang baik secara eksplisit maupun implisit dalam kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Kedua, pendidikan karakter melalui budaya sekolah dilaksanakan dalam lapisan artifak fisik dan perilaku, artifak perilaku, nilai dan keyakinan dan asumsi. Kesemuanya itu dilaksanakan melalui kegiatan keteladanan, kegiatan rutin kegiatan spontan, dan pengkondisian. Ketiga, pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di kedua sekolah ini dikelompokkan menjadi empat yaitu bidang agama, bahasa, seni, dan olahraga. Keempat, pendidikan karakter dilaksanakan melalui kerjasama dengan orang tua dan masyarakat. Kerjasama dengan orang tua melalui kegiatan ahad pagi, dan konsultasi prestasi. Kerjasama dengan masyarakat dilaksanakan dengan mensosialisasikan program pendidikan karakter yang dicanangkan sekolah kepada masyarakat sekitar sekolah. Secara formal SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 lebih tertata secara sistematis untuk program penguatan pendidikan karakter.