TY  - THES
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP dengan berbasis learning trajectory yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat Pembelajaran ini terdiri atas Silabus, RPP dan LKS yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Jenis	penelitian	ini	adalah	penelitian	pengembangan	(Research	& Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Plomp: 1) penelitian awal yang meliputi analisis lingkungan dan kondisi siswa serta kajian literatur, 2) desain dan pengembangan, dan 3) penilaian. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim dengan menggunakan 6 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah dan uji coba lapangan di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Instrumen
penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran geometri berbasis learning trajectory yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk memenuhi kategori valid. Hasil  pengisian  angket  penilaian  kepraktisan  oleh  guru  menunjukkan  bahwa produk   mencapai   kategori   sangat   baik,   hasil   pengisian   angket   penilaian kepraktisan  oleh siswa menunjukkan  bahwa produk  mencapai  kategori  sangat baik dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa diatas
80%. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari hasil  uji  coba  lapangan.  Persentase  ketuntasan  tes  kemampuan  berpikir  kritis secara klasikal adalah 76,92% dan kreatif sebesar 82,05%. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Y1  - 2017/07/28/
ID  - UNY53325
AV  - public
KW  - pengembangan
KW  -  perangkat pembelajaran geometri
KW  -  lintasan belajar
KW  -  kemampuan berpikir kritis dan kreatif
PB  - UNY
UR  - http://eprints.uny.ac.id/53325/
M1  - tesis
TI  - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Learning Trajectory Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Untuk Siswa SMP
A1  - Hedayani, Eka
ER  -