eprintid: 53277 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/05/32/77 datestamp: 2017-10-16 01:44:04 lastmod: 2019-01-30 15:21:38 status_changed: 2017-10-16 01:44:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 10201244012.student@uny.ac.id creators_name: Eristyarini, Lussiana Tika creators_id: 10201244012.student@uny.ac.id title: PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: restricted keywords: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi belajar mengajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa beserta penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan dua simpulan, yaitu jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dan penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali meliputi penyimpangan satu maksim, penyimpangan dua maksim, penyimpangan tiga maksim, dan penyimpangan empat maksim. Penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali yang meliputi dorongan rasa emosi penutur, menuduh mitra tutur, bercanda untuk mempermalukan mitra tutur, protektif terhadap pendapat, dan berbicara tidak sesuai konteks permasalahan yang sedang dibicarakan. Kata kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi belajar mengajar date: 2017-05-31 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi referencetext: Anam, Atfalul. 2011. Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul: untuk SMK dan MAK Kelas XII Karangan Yustinah dan Ahmad Iskak. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik; Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco. _______ 2012. Wacana & Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama. Isach, Maulida Fachrun. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Rapat Rutin di SD Sokowaten Baru Babadan Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Gunawan, Fahmi. 2013. Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik. Journal Arbitrer, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2013. Kuntarto, Eko. 2016. Kesantunan Berbahasa Ditinjau dari Prespektif Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Volume 16, Nomor 2, 2016. Leech, Geoffrey. 1993. Principles of Pragmatics (terjemahan M.D.D Oka). Jakarta: UI Press. Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mubakhit, Abit Adya. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Nadar, FX. 2009. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahardi, Kunjana. 2002. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. _______ 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga. Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka. Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik Bagian Pertama; Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. _______ 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI. Zamzani, dkk. 2011. Pengembangan Alat Ukur Kesantunan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Sosial Bersemuka. LITERA, Volume 10, Nomor 1, April 2011. citation: Eristyarini, Lussiana Tika (2017) PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/53277/1/SKRIPSI.pdf