eprintid: 53277
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1271
dir: disk0/00/05/32/77
datestamp: 2017-10-16 01:44:04
lastmod: 2019-01-30 15:21:38
status_changed: 2017-10-16 01:44:04
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 10201244012.student@uny.ac.id
creators_name: Eristyarini, Lussiana Tika
creators_id: 10201244012.student@uny.ac.id
title: PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI
ispublished: pub
subjects: E1
divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia
full_text_status: restricted
keywords: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi belajar mengajar
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa beserta penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan ketekunan 
pengamatan. 
Hasil penelitian ini menunjukkan dua simpulan, yaitu jenis-jenis 
penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dan penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali meliputi penyimpangan satu maksim, penyimpangan dua maksim, penyimpangan tiga maksim, dan penyimpangan empat maksim. Penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa 
kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali yang meliputi dorongan rasa emosi penutur, menuduh mitra tutur, bercanda untuk mempermalukan mitra tutur, protektif  terhadap pendapat, dan berbicara tidak sesuai konteks permasalahan yang sedang dibicarakan. 
 
Kata kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi belajar mengajar
date: 2017-05-31
date_type: published
institution: Universitas Negeri Yogyakarta
department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
thesis_type: skripsi
referencetext: Anam, Atfalul. 2011. Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia 
Tataran Unggul: untuk SMK dan MAK Kelas XII Karangan Yustinah dan 
Ahmad Iskak. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa 
dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni  Universitas Negeri 
Yogyakarta. 
 
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004.  Sosiolinguistik: Perkenalan Awal.          
Jakarta: Rineka Cipta. 
 
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. 
Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik; Ancangan Metode Penelitian 
dan Kajian. Bandung: Eresco. 
 
_______ 2012. Wacana & Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama. 
 
Isach, Maulida Fachrun. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Rapat Rutin di SD 
Sokowaten Baru Babadan Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan 
Kabupaten Bantul.  Skripsi S1.  Yogyakarta: Program Studi Bahasa dan 
Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri 
Yogyakarta. 
 
Gunawan, Fahmi. 2013. Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap 
Dosen di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik.  Journal Arbitrer, 
Volume 1, Nomor 1, Oktober 2013. 
 
Kuntarto, Eko. 2016. Kesantunan Berbahasa Ditinjau dari Prespektif Kecerdasan 
Majemuk.  Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Volume 16, 
Nomor 2, 2016. 
 
Leech, Geoffrey. 1993.  Principles of  Pragmatics  (terjemahan M.D.D Oka). 
Jakarta: UI Press. 
 
Mahsun. 2007.  Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan 
Tekniknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 
 
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja 
Rosdakarya. 
 
Mubakhit, Abit Adya. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Surat Permohonan Izin 
Tidak Masuk Sekolah Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Sleman.  Skripsi 
S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. 
 
Nadar, FX. 2009. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu. 
Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 
Rahardi, Kunjana. 2002.  Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. 
Jakarta: Erlangga. 
 
_______ 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga. 
Rohmadi, Muhammad. 2010.  Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma 
Pustaka. 
 
Sudaryanto. 1988.  Metode Linguistik Bagian Pertama; Ke Arah Memahami 
Metode Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 
 
_______ 1993.  Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.  Yogyakarta: Duta 
Wacana University Press. 
 
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2003.  Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. 
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 
 
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI. 
Zamzani, dkk. 2011. Pengembangan Alat Ukur Kesantunan Bahasa Indonesia 
dalam Interaksi Sosial Bersemuka. LITERA, Volume 10, Nomor 1, April 
2011.
citation:   Eristyarini, Lussiana Tika  (2017) PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/53277/1/SKRIPSI.pdf