TY  - THES
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa beserta penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan ketekunan 
pengamatan. 
Hasil penelitian ini menunjukkan dua simpulan, yaitu jenis-jenis 
penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dan penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali meliputi penyimpangan satu maksim, penyimpangan dua maksim, penyimpangan tiga maksim, dan penyimpangan empat maksim. Penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa 
kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali yang meliputi dorongan rasa emosi penutur, menuduh mitra tutur, bercanda untuk mempermalukan mitra tutur, protektif  terhadap pendapat, dan berbicara tidak sesuai konteks permasalahan yang sedang dibicarakan. 
 
Kata kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi belajar mengajar
ID  - UNY53277
Y1  - 2017/05/31/
KW  - kesantunan berbahasa
KW  -  prinsip kesantunan
KW  -  interaksi belajar mengajar
AV  - restricted
TI  - PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI
A1  - Eristyarini, Lussiana Tika
PB  - Universitas Negeri Yogyakarta
UR  - http://eprints.uny.ac.id/53277/
M1  - skripsi
ER  -