TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa beserta penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan dua simpulan, yaitu jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dan penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Jenis-jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali meliputi penyimpangan satu maksim, penyimpangan dua maksim, penyimpangan tiga maksim, dan penyimpangan empat maksim. Penyebab penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali yang meliputi dorongan rasa emosi penutur, menuduh mitra tutur, bercanda untuk mempermalukan mitra tutur, protektif terhadap pendapat, dan berbicara tidak sesuai konteks permasalahan yang sedang dibicarakan. Kata kunci: kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, interaksi belajar mengajar ID - UNY53277 Y1 - 2017/05/31/ KW - kesantunan berbahasa KW - prinsip kesantunan KW - interaksi belajar mengajar AV - restricted TI - PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI A1 - Eristyarini, Lussiana Tika PB - Universitas Negeri Yogyakarta UR - http://eprints.uny.ac.id/53277/ M1 - skripsi ER -