eprintid: 53276 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1271 dir: disk0/00/05/32/76 datestamp: 2017-10-16 01:44:12 lastmod: 2019-01-30 15:21:35 status_changed: 2017-10-16 01:44:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 13201241004.student@uny.ac.id creators_name: Rumana, Ulfah creators_id: 13201241004.student@uny.ac.id title: KORELASI ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI ispublished: pub subjects: E1 divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia full_text_status: restricted keywords: Kemampuan metakognisi, membaca cepat abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 219 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VIII A, VIII B, dan VIII D sebagai sampel penelitian. Uji validitas dilakukan oleh expert judgement dan guru mata pelajaran. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program IBM SPSS 22.0, diperoleh nilai alpha sebesar 0,818 dan 0,613. Data dikumpulkan menggunakan angket berkaitan dengan kemampuan metakognisi dan tes terkait kemampuan membaca cepat. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa instrumen penelitian berdistribusi normal dan linear. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan metakognisi siswa berkategori sedang, (2) kemampuan membaca cepat siswa berkategori sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan dan searah antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Hubungan tersebut ditunjukkan rhitung sebesar 0,640 lebih besar daripada rtabel dengan N = 93 sebesar 0,263 pada taraf signifikansi 1%. Kata Kunci: Kemampuan metakognisi, membaca cepat date: 2017-06-05 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: skripsi referencetext: Asep, Ganda Sadikin, dkk. 2004. Kompetensi Berbahasa Persatuan Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Penerbit Grafindo Media Pratama. Chambres, Patrick, Marie Izaute and Pierre-Jean Marescaux. 2002. Metacognition Process, Function and Use. Norwell: Kluwer Academic Publishers. Dahlan, Ahmad. 2015. Definisi Sampling serta Jenis Metode dan Teknik Sampling. Diakses pada tanggal 20 Mei 2015, dari http://www.eurekapendidikan.com /2015/09/defenisi-sampling-dan-teknik-sampling/. Ellis, Arthur K, David W. Denton, John B. Bond. 2014. “An Analysis of Reseach on Metacognitive Teaching Strategies”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 116, hlm. 4015-4024. Hacker, J. Douglas, John Dunlosky and Arthur C. Graesser. 2009. Handbook of Metacognition in Education. New York: Routledge. Hidayat, Rahmat. 2012. “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Wacana Deskripsi dengan Media Teks Bergerak bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret”. E-Jurnal UNY, Vol. 4, No. 4. Diakses pada tanggal 31 Mei 2016, dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/edisi/1201/10. Iskandar, Srini M. 2014. “Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas”. Erudio, Vol. 2, No. 2, hlm 13-20. Israel, Susan E, Cathy Collins Block, Kathryn L. Bauserman, Kathryn Kinnucan- Welsch. 2005. Metacognition in Literacy Learning (Theory, Assessment, Instruction, and Professional Development). London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. Kuntjojo. 2009. Kemampuan metakognisi dan Keberhasian Belajar Peserta Didik. Diakses pada 15 Oktober 2016, dari http://ebekunt.wordpress.com/2009/04/12/ kemampuanmetakognisi-dankeberhasilan-belajar pesertadidik/. Lestyarini, Beniati. 2009. Pentingnya Kemampuan metakognisi dalam Membaca Komprehensi Teks berbagai Bidang Studi. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016, dari http://beniati_lestyarini@uny.ac.id. _______________. 2009a. The Barrett Taxonomy of Cognitive and Affective Dimensions of Reading Comprehension. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016, dari http://beniati_lestyarini@uny.ac.id. Meniado, Joel C. 2016. “Metacognitive Reading Strategies, Motivation, and Reading Comprehension Performance of Saudi EFL Students”. English Language Teaching, Vol. 9, No. 3, hlm. 117-129. Murti, Heru Astikasari Setya. 2011. “Kemampuan metakognisi dan Theory of Mind (ToM)”. Jurnal Psikologi Pitutur, Vol. 1, No. 2, hlm. 53-64. Myers, Samuel and Laurel Brent. 2004. Teacher’s Guide Manual for Formulating Reading Comprehension Questions. Washington, D.C: United States Agency. Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarya. __________________. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Jakarta: Sinar Dunia Algensindo. Sen, H. Senay. 2009. “The Relationsip between The Use of Metacognitive Strategies and Reading Comprehension”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1, hlm. 2301-2305. Soedarso. 1988. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Supriyono. 2008. Membimbing Siswa Membaca Cerdas dengan Taksonomi Barrett (online). Diakses pada tanggal 20 Oktober 2016, dari https://awidyarso65.files.wordpress.com/. Tampubolon, D. P. 1990. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Temur, Turan, Tolga Kargin, dkk. 2010. “Metacognitive Awareness of Grades 6, 7 and 8 Students in Reading Process”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2, hlm. 4193-4199. Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan LPTK. Zhussupova, Roza dan Meruyert Kazbekova. 2016. “Metacognitive Strategies as Points in Teaching Reading Comprehension”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 228, hlm. 593-600. Zuchdi, Darmiyati. 2012. Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: Multi Presindo. _______________. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press. citation: Rumana, Ulfah (2017) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/53276/1/KORELASI%20ANTARA%20KEMAMPUAN%20METAKOGNISI%20DAN%20MEMBACA%20CEPAT%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMP%20NEGERI%201%20IMOGIRI.pdf