eprintid: 53276
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1271
dir: disk0/00/05/32/76
datestamp: 2017-10-16 01:44:12
lastmod: 2019-01-30 15:21:35
status_changed: 2017-10-16 01:44:12
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: 13201241004.student@uny.ac.id
creators_name: Rumana, Ulfah
creators_id: 13201241004.student@uny.ac.id
title: KORELASI ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI
ispublished: pub
subjects: E1
divisions: fbs_jurdik_indonesia_pend_bahasa_dan_sastra_indonesia
full_text_status: restricted
keywords: Kemampuan metakognisi, membaca cepat
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui ada dan tidaknya korelasi antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. 
Penelitian ini merupakan penelitian  ex-post facto  yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa 
kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 219 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VIII A, VIII 
B, dan VIII D sebagai sampel penelitian. Uji validitas dilakukan oleh expert judgement dan guru mata pelajaran. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program IBM SPSS 22.0, diperoleh nilai alpha sebesar 0,818 dan 0,613. Data dikumpulkan menggunakan angket berkaitan dengan kemampuan metakognisi dan tes terkait kemampuan membaca cepat. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa instrumen penelitian berdistribusi normal dan linear. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan metakognisi siswa berkategori sedang, (2) kemampuan membaca cepat siswa berkategori sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan dan searah antara kemampuan metakognisi dan 
membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Hubungan tersebut ditunjukkan rhitung sebesar 0,640 lebih besar daripada rtabel dengan N = 93 sebesar 0,263 
pada taraf signifikansi 1%. 
 
Kata Kunci: Kemampuan metakognisi, membaca cepat
date: 2017-06-05
date_type: published
institution: Universitas Negeri Yogyakarta
department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
thesis_type: skripsi
referencetext: Asep, Ganda Sadikin, dkk. 2004. Kompetensi Berbahasa Persatuan Bahasa Indonesia 
untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Penerbit Grafindo Media Pratama. 
 
Chambres, Patrick, Marie Izaute and Pierre-Jean Marescaux. 2002. Metacognition 
Process, Function and Use. Norwell: Kluwer Academic Publishers. 
 
Dahlan, Ahmad. 2015. Definisi Sampling  serta Jenis Metode dan Teknik Sampling. 
Diakses pada tanggal 20 Mei 2015, dari  http://www.eurekapendidikan.com 
/2015/09/defenisi-sampling-dan-teknik-sampling/. 
 
Ellis, Arthur K, David W. Denton, John B. Bond. 2014. “An Analysis of Reseach on 
Metacognitive Teaching Strategies”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 
116, hlm. 4015-4024. 
 
Hacker,  J.  Douglas, John Dunlosky and Arthur C. Graesser. 2009.  Handbook of 
Metacognition in Education. New York: Routledge. 
 
Hidayat, Rahmat. 2012.  “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Wacana 
Deskripsi dengan Media Teks Bergerak bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 
Pleret”. E-Jurnal UNY, Vol. 4, No. 4. Diakses pada tanggal 31 Mei 2016, dari 
http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/edisi/1201/10. 
 
Iskandar, Srini M. 2014. “Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran 
Sains di Kelas”. Erudio, Vol. 2, No. 2, hlm 13-20. 
 
Israel, Susan E, Cathy Collins Block, Kathryn L. Bauserman, Kathryn Kinnucan-
Welsch. 2005.  Metacognition in Literacy Learning (Theory, Assessment, 
Instruction, and Professional Development). London: Lawrence Erlbaum 
Associates, Publishers.  
 
Kuntjojo. 2009. Kemampuan metakognisi dan Keberhasian Belajar Peserta Didik. 
Diakses pada  15 Oktober 2016, dari  http://ebekunt.wordpress.com/2009/04/12/ 
kemampuanmetakognisi-dankeberhasilan-belajar pesertadidik/. 
Lestyarini, Beniati. 2009.  Pentingnya  Kemampuan metakognisi  dalam Membaca 
Komprehensi Teks berbagai Bidang Studi. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016, 
dari http://beniati_lestyarini@uny.ac.id. 
 
_______________. 2009a.  The Barrett Taxonomy of Cognitive and Affective 
Dimensions of Reading Comprehension. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016, 
dari http://beniati_lestyarini@uny.ac.id. 
 
Meniado, Joel C. 2016. “Metacognitive Reading Strategies, Motivation, and Reading 
Comprehension Performance of Saudi EFL Students”.  English Language 
Teaching, Vol. 9, No. 3, hlm. 117-129. 
 
Murti, Heru Astikasari Setya. 2011. “Kemampuan metakognisi dan Theory of Mind 
(ToM)”. Jurnal Psikologi Pitutur, Vol. 1, No. 2, hlm. 53-64. 
 
Myers, Samuel and Laurel Brent. 2004.  Teacher’s Guide Manual for Formulating 
Reading Comprehension Questions. Washington, D.C: United States Agency. 
 
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi 
Aksara. 
 
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. 
Yogyakarta: BPFE-Yogyakarya. 
 
__________________. 2009.  Statistik Terapan untuk  Penelitian Ilmu-ilmu  Sosial. 
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 
 
Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Jakarta: Sinar Dunia 
Algensindo. 
 
Sen, H. Senay. 2009. “The Relationsip between The Use of Metacognitive Strategies 
and Reading Comprehension”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1, hlm. 
2301-2305. 
 Soedarso. 1988.  Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT 
Gramedia Pustaka Utama. 
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, 
dan R&D). Bandung: Alfabeta. 
 
Supriyono. 2008. Membimbing Siswa Membaca Cerdas dengan Taksonomi Barrett 
(online). Diakses  pada tanggal  20 Oktober 2016, dari 
https://awidyarso65.files.wordpress.com/. 
 
Tampubolon, D. P. 1990. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. 
Bandung: Angkasa. 
 
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 
Bandung: Angkasa. 
 
Temur, Turan, Tolga Kargin, dkk. 2010. “Metacognitive Awareness of Grades 6, 7 
and 8 Students in Reading Process”. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2, 
hlm. 4193-4199. 
 
Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus Besar 
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 
 
Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989.  Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. 
Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan LPTK. 
 
Zhussupova, Roza dan Meruyert Kazbekova. 2016. “Metacognitive Strategies as 
Points in Teaching Reading Comprehension”. Procedia Social and Behavioral 
Sciences, 228, hlm. 593-600. 
 
Zuchdi, Darmiyati. 2012.  Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: 
Multi Presindo. 
 
_______________. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan 
Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press.
citation:   Rumana, Ulfah  (2017) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/53276/1/KORELASI%20ANTARA%20KEMAMPUAN%20METAKOGNISI%20DAN%20MEMBACA%20CEPAT%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMP%20NEGERI%201%20IMOGIRI.pdf