%0 Thesis %9 S1 %A Rusianto, Erlan Dwi %A Muh. Hamid Anwar, %B Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi %D 2017 %F UNY:53264 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Respon, guru penjasorkes, Kurikulum 2013. %T REFLEKSI RESPON GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK %U http://eprints.uny.ac.id/53264/ %X Penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menyebabkan banyaknya perubahan yang dirasakan oleh guru Penjasorkes seperti dalam administrasi guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, model pembelajaran, dan penilaian hasil belajar sehingga menyebabkan berbagai respon dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru penjasorkes di SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru Penjasorkes yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Objek penelitian ini adalah respon guru penjasorkes SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan respon guru penjasorkes SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga menunjukkan respon yang positif meskipun dalam penerapannya masih ada yang belum berjalan dengan baik.