TY - THES Y1 - 2017/// N2 - Materi aktivitas ritmik dalam pembelajaran PJOK kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman belum sesuai dengan tujuan pembelajaran. Siswa enggan mengikuti maupun mencoba gerakan aktivitas ritmik sehingga ada beberapa siswa yang belum memenuhi nilai standar ketuntasan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor penghambat pembelajaran aktivitas ritmik kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa. Penelitian dilakukan pada seluruh populasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi kontribusi faktor internal sebesar 53%, sedangkan kontribusi faktor eksternal sebesar 47%. berdasarkan kedua faktor tersebut dapat dirinci kontribusi dari masing-masing indikator sebagai berikut: (1) indikator jasmani siswa sebesar 20,4 %; (2) indikator psikologi siswa sebesar 32,6%; (3) indikator guru sebesar 24,5%; (4) indikator sarana dan prasarana sebesar 13,8%; (5) indikator lingkungan sekolah sebesar 8,7%. A1 - Al Ansyor, Kurnia Sandhy PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan ID - UNY53262 M1 - skripsi AV - public TI - FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 KW - Faktor KW - penghambat KW - aktivitas ritmik. UR - http://eprints.uny.ac.id/53262/ ER -