@phdthesis{UNY53232, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2017}, month = {October}, author = {Dwi Wahyuningsih}, title = {IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING ANAK PELANGI YOGYAKARTA}, keywords = {implementasi, kebijakan pendidikan, homeschooling}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan Homeschooling Anak Pelangi serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pimpinan dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan Homeschooling Anak Pelangi antara lain kebijakan tentang pendidik, peserta didik, kurikulum, proses belajar mengajar dan tujuan pendidikan. Kebijakan tentang pendidik yaitu standar pendidikan bagi pendidik, rapat koordinasi dan pelatihan/workshop. Kebijakan tentang input peserta didik sesuai dengan berbagai permasalahan peserta didik dan kebijakan tentang output peserta didik lulus dengan nilai akademik dan non akademik yang baik serta mampu bersosialisasi.Kebijakan tentang kurikulum KTSP 2006 serta kebijakan tentang Proses Belajar Mengajar (PBM) adalah jam belajar fleksibel, metode belajar (auditori,visual dan taktil), pendekatan pembentukan peserta didik (akademis, psikologis dan bakat minat), metode belajar (individu dan klasikal). Kebijakan tujuan pendidikan menjadikan peserta didik memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbudi pekerti luhur dan terampil sesuai potensi dan minat. Faktor pendukung implementasi kebijakan di Homeschooling Anak Pelangi adalah keberadaan SDM yang memadai, sarana dan prasarana homeschooling yang lengkap, teamwork dari pimpinan, divisi,guru dan orang tua, legalitas dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Faktor penghambat implementasi kebijakan di Homeschooling Anak Pelangi adalah alokasi waktu belajar mengajar yang kurang.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53232/} }