TY - THES TI - PERSEPSI GURU PENJAS DI KABUPATEN KULON PROGO TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PGSD PENJAS FIK UNY TAHUN 2016 M1 - skripsi AV - public N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa positif persepsi Guru Penjas di Kabupaten Kulon Progo terhadap kompetensi mahasiswa PPL program studi PGSD Penjas FIK UNY tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penyusunan instrumen menggunakan langkah-langkah: mendefinisikan konstruk, menyidik faktor, dan menyusun butir-butir pernyataan. Setelah instrumen tersusun, instrumen tersebut dikonsultasikan kepada ahli selanjutnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 Guru Penjas dari 10 SD di Kabupaten Kulon Progo yang pada tahun 2016 sekolah tempat mengajarnya digunakan tempat PPL mahasiwa Program studi PGSD Penjas FIK UNY. Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif kuantitatif dengan persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu positif, cuku positif, kurang positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Penjas di Kabupaten Kulon Progo Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Program Studi PGSD Penjas FIK UNY tahun 2016 secara keseluruhan positif. Secara rinci menunjukkan sebanyak 83.33 % Guru Penjas memiliki persepsi positif, 16.67 % Guru Penjas memiliki persepsi cukup positif, 0 % Guru Penjas memiliki persepsi kurang positif dan 0 % Guru Penjas memiliki persepsi negatif. Y1 - 2017/// UR - http://eprints.uny.ac.id/53221/ KW - Kompetensi KW - Mahasiswa KW - PPL ID - UNY53221 PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Rahmadani, Mengku ER -