%0 Thesis %9 S2 %A Ambarwati, Ema %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:53195 %I UNY %K Eksperimen Terbimbing, Sikap Peduli Lingkungan, Pemahaman Konsep, Pencemaran Lingkungan. %T Keefektifan Penerapan Eksperimen Terbimbing Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIPA SMA Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. %U http://eprints.uny.ac.id/53195/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif/tidaknya penerapan eksperimen terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa kelas X MIPA SMA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quashi Experiment), yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIPA-5 sebagai kelas perlakuan dengan menerapkan eksperimen terbimbing, dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol yaitu menerapkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan eksperimen terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan memiliki nilai signifikansi 0,006 (p < 0,05) dan terhadap pemahaman konsep siswa memiliki nilai signifikansi 0,032 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan eksperimen terbimbing efektif terhadap sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa kelas X.MIPA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan.