@phdthesis{UNY53195, year = {2017}, school = {UNY}, author = {Ema Ambarwati}, title = {Keefektifan Penerapan Eksperimen Terbimbing Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MIPA SMA Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan.}, month = {July}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif/tidaknya penerapan eksperimen terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa kelas X MIPA SMA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quashi Experiment), yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIPA-5 sebagai kelas perlakuan dengan menerapkan eksperimen terbimbing, dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol yaitu menerapkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan eksperimen terbimbing terhadap sikap peduli lingkungan memiliki nilai signifikansi 0,006 (p {\ensuremath{<}} 0,05) dan terhadap pemahaman konsep siswa memiliki nilai signifikansi 0,032 (p {\ensuremath{<}} 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan eksperimen terbimbing efektif terhadap sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa kelas X.MIPA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan.}, keywords = {Eksperimen Terbimbing, Sikap Peduli Lingkungan, Pemahaman Konsep, Pencemaran Lingkungan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53195/} }