%0 Thesis %9 S2 %A Djufri, Elyas %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:53187 %I UNY %K pembelajaran SSP IPA, lab work, keterampilan proses sains, sikap rasa ingin tahu, sikap teliti, prestasi belajar. %T Pengaruh Pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Lab Work Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Teliti Serta Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP. %U http://eprints.uny.ac.id/53187/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work terhadap keterampilan proses sains, sikap rasa ingin tahu dan teliti serta prestasi belajar siswa secara bersamaan, (2) pengaruh pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work terhadap keterampilan proses sains, (3) pengaruh pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work terhadap sikap rasa ingin tahu siswa, (4) pengaruh pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work terhadap sikap teliti siswa (5) pengaruh pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain non equivalent control group. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Tolitoli dan siswa kelas IX SMP Integral Hidayatullah Tolitoli yang masing-masing secara random dipilih 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan proses, angket rasa ingin tahu dan teliti serta soal tes prestasi belajar IPA. Penelitian ini mengadopsi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan oleh Herman Mursito (2016) yang telah teruji valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan Manova dan Anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains, sikap rasa ingin tahu dan teliti serta prestasi belajar siswa secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,05); (2) pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,005); (3) pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work berpengaruh secara signifikan terhadap sikap rasa ingin tahu siswa yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,05); (4) pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work berpengaruh secara signifikan terhadap sikap teliti siswa yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,05); (5) pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) IPA berbasis lab work berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,05).