TY - THES M1 - tesis N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan pendapat guru SMP dan SMA tentang learning continuum berdasarkan level kompetensi kognitif dan materi pedagogik spesifik pada aspek klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei yang dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari Oktober 2016 sampai Januari 2017. Pengambilan data menggunakan teknik sensus sehingga diperoleh 281 responden terdiri dari 147 guru IPA SMP dan 134 guru biologi SMA di kota Yogyakarta dan 4 kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunung Kidul. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner yang telah divalidasi melalui FGD (Focus Group Disscussion) yang terdiri dari 3 dosen biologi UNY dan 5 dosen biologi UNS. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendapat guru tentang materi pedagogik spesifik pada aspek klasifikasi makhluk hidup pada jenjang SD, guru SMP dan SMA sepemahaman tidak diajarkan. Pada jenjang SMP, guru SMP dan SMA sepemahaman diajarkan mulai kelas VII dengan kemampuan C2 (Memahami), dan pada jenjang SMA, guru SMP dan SMA sepemahaman diajarkan mulai kelas X dengan kemampuan C2 (Memahami). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa gambaran atau urutan konsep sajian learning continuum pada materi pedagogik spesifik aspek klasifikasi makhluk hidup belum tersusun dari sederhana hingga paling komplek. UR - http://eprints.uny.ac.id/53185/ Y1 - 2017/07/28/ KW - Aspek Klasifikasi KW - Learninng Continuum KW - Level Kompetensi KW - Materi Pedagogik Spesifik KW - Pendapat Guru. ID - UNY53185 A1 - Andriani, Aldina Eka PB - UNY TI - Pendapat Guru SMP dan SMA Tentang Learning Continuum Berdasarkan Level Kompetensi dan Materi Pedagogik Spesifik Aspek Klasifikasi Makhluk Hidup yang Ditargetkan bagi Peserta Didik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. AV - public ER -