TY - THES PB - UNY A1 - Pravista, Eka A1 - Widjayanti, Djamilah Bondan Y1 - 2017/09/20/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar kegiatan Siswa (LKS) pada materi segiempat yang berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan aspek: 1) kevalidan; 2) kepraktisan; dan 3) keefektifan ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Imogiri. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS, angket respons guru, angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket kemandirian belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata skor RPP yaitu 4,41 dengan kategori sangat baik dan ratarata skor LKS yaitu 4,33 dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor respons siswa yaitu skor 4,42 dengan kategori sangat baik, rata-rata skor respons guru yaitu 4,24 dengan kategori sangat baik dan persentase hasil observasi pembelajaan 95% dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,0005 (kurang dari ? = 0,05) untuk kriteria rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis lebih dari 70 dan nilai signifikasi sebesar 0,500 (lebih dari ? = 0,05) untuk kriteria banyaknya siswa yang mencapai nilai lebih dari 70 lebih dari 75%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari kemandirian belajar. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (kurang dari ? = 0,05). UR - http://eprints.uny.ac.id/53128/ M1 - skripsi ID - UNY53128 TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR AV - restricted KW - perangkat pembelajaran KW - Problem Based Learning KW - kemampuan berpikir kreatif matematis KW - kemandirian belajar ER -