%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) sikap penerimaan sosial siswa reguler terhadap keberadaan siswa ABK, dan (2) variasi penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di SD Inklusi 1 Ngulakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan model Concurrent Triangulation Strategy. Data tentang penerimaan sosial dikumpulkan dengan menggunakan angket terbuka. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV, V, dan VI SD Inklusi 1 Ngulakan yang berjumlah 52 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas kontruk oleh pendapat ahli atau experts jugment. Reliabilitas instrumen diukur dengan alpha cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,886. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan metode perbandingan tetap atau Comparative Method. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 5,7 % siswa SD Inklusi 1 Ngulakan memiliki sikap penerimaan sosial sangat tinggi, 34,6 % siswa SD Inklusi 1 Ngulakan memiliki sikap penerimaan sosial tinggi, 28, 8% siswa SD Inklusi 1 Ngulakan memiliki sikap penerimaan sosial sedang, 25% siswa SD Inklusi 1 Ngulakan memiliki sikap penerimaan sosial rendah, dan 5, 7% siswa SD Inklusi 1 Ngulakan memiliki sikap penerimaan sosial sangat rendah. Dari data kualitatif disimpulkan bahwa pada umumnya siswa SD Inklusi 1 Ngulakan tidak menerima apabila siswa ABK memiliki sikap, sifat dan kepribadian yang negatif, tetapi menerima kekurangan atau kebutuhan khusus siswa ABK. Kata kunci : sikap penerimaan sosial, siswa ABK %A Septi Wijiastuti %L UNY53122 %I PGSD %D 2017 %T SIKAP PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP SISWA ABK DI KELAS ATAS SEKOLAH DASAR INKLUSI 1 NGULAKAN KULON PROGO YOGYAKARTA