%0 Thesis %9 S1 %A Latifah, Umi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:53119 %I PGSD %T PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VA SD NGOTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/53119/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPS melalui penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match pada siswa Kelas VA SD Ngoto tahun pelajaran 2016/2017. Jika pemahaman konsep IPS meningkat, maka hasil belajar IPS juga meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Ngoto berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Validitas instrumen oleh dosen pembimbing sebagai expert judgment. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep IPS siswa ditandai dengan hasil belajar yang meningkat dari hasil pre test, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan belajar pemahaman konsep IPS pada saat pre test masih rendah yaitu di bawah kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus I terjadi peningkatan dari hasil pre test namun masih kurang dari kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II mengalami peningkatan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥75%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai. Kata kunci: pemahaman konsep IPS, metode Index Card Match.