TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi IPS melalui media game puzzle pada siswa Kelas V SD Negeri Klegen, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaborasi bersama guru kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Aktivitas setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Klegen, Pengasih, Kulon Progo. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa Kelas V yang berjumlah 14 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman materi IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, test, serta dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi IPS pada siswa Kelas V dan telah memenuhi kriteria keberhasilan. Persentase ketuntasan pra-tindakan sebesar 30,8%, meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,7% pada siklus II. Media game puzzle juga meningkatkan nilai rerata kelas. Pada pra-tindakan, nilai rerata sebesar 60,5, pada siklus I meningkat menjadi 69,5, dan pada siklus II meningkat menjadi 81. Selain itu, aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada pertemuan I siklus I, 8% siswa berkategori cukup, 77% siswa berkategori kurang, dan 15% siswa berkategori sangat kurang, sedangkan pada pertemuan II, 50% siswa berkategori cukup dan 50% siswa berkategori kurang. Pada pertemuan I siklus II, 64% siswa berkategori cukup dan 36% siswa berkategori kurang, sedangkan pada pertemuan II, 14% siswa berkategori baik dan 86% siswa berkategori cukup. Kata kunci: pemahaman materi IPS, media game puzzle. Y1 - 2017/10/04/ A1 - Lestari, Rizki PB - PGSD ID - UNY53118 M1 - skripsi AV - restricted TI - PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI IPS MELALUI MEDIA GAME PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 UR - http://eprints.uny.ac.id/53118/ ER -