%D 2017 %T Pendidikan Multikultural pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Sekolah Mutiara Ibu Kabupaten Purworejo. %I UNY %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan multikultural bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak Sekolah Mutiara Ibu Purworejo berdasarkan: (1) pelaksanaan pendidikan multikultural pada anak usia dini di TK Sekolah Mutiara Ibu Purworejo, dan (2) proses belajar budaya pada anak usia dini di TK Sekolah Mutiara Ibu Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini anak-anak, guru, dan kepala sekolah TK Sekolah Mutiara Ibu Purworejo. Objek penelitiannya adalah pendidikan multikultural. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Instrumen penelitian memakai pedoman wawancara, observasi, dan dokumen. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan penelitian fenomenologi dari Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan multikultural di TK Sekolah Mutiara Ibu Purworejo dibagi menjadi tiga proses dalam penerapannya. Pertama, perencanaan pendidikan multikultural dalam pembelajaran disusun dalam bentuk Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan Program Tahunan (Prota). Kedua, penerapan pendidikan multikultural di dalam dan luar pembelajaran kelas. Ketiga, penerapan pendidikan multikultural di TK Sekolah Mutiara Ibu Purworejo dilakukan evaluasi atau penilaian yang dibedakan menjadi dua macam, yaitu secara langsung dan melalui rapot. (2) Program pendidikan multikultural bagi anak usia dini di TK Sekolah Mutiara Ibu Purworejo terbagi dalam kegiatan holy morning, proyek di sentra, story telling, tarian dan masakan, perayaan, dan pembiasaan setiap hari. (3) Proses belajar budaya pada anak muncul enam indikator anak mampu: mengenal jati diri dan mengembangkan sikap non etnosentris, berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan di sekolah, menceritakan budaya tertentu (agama, suku, ras, etnis, kelas sosial, dll), memiliki inisiatif yang tepat sesuai dengan kehidupan sosial, menangkap dan memahami pemberian informasi dimasing-masing lingkungan, serta mengaitkan pengalaman di sekolah dan di rumah. %K pendidikan multikultural, anak usia dini, pendidikan multikultural di PAUD. %A Inayatul Latifah %L UNY53116