@phdthesis{UNY53115, month = {October}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP ILMIAH MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 WATES KULON PROGO}, author = {Yeni Kusumawati}, school = {PGSD}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53115/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Wates Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wates dengan jumlah 34 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis \& Mc Taggart meliputi kegiatan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA siswa diukur berdasarkan peningkatan persentase secara klasikal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses IPA, sikap ilmiah IPA, dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Wates. Rata-rata keterampilan proses IPA pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 25\% (pratindakan 48,5\%, siklus I 73,5\%) kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 22\% (siklus I 73,5\%, siklus II 89,9\%). Sementara itu rata-rata sikap ilmiah IPA siswa pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 22,2\% (pratindakan 57,6\%, siklus I 79,8\%) kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 10,1\% (siklus I 79,8\%, siklus II 89,9\%). Peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA siswa tersebut diperoleh melalui penerapan metode eksperimen dengan tindakan berupa; (1) pembagian waktu pada setiap kegiatan pembelajaran dengan baik, (2) guru membimbing untuk pembagian tugas kelompok, (3) guru memberikan motivasi dan reward pada siswa, (4) guru lebih banyak menyajikan gambar dan video. Kata kunci : keterampilan proses, sikap ilmiah, metode eksperimen} }