@phdthesis{UNY53114, title = {UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONDALEM}, author = {Nurul Rahmadhani}, month = {October}, year = {2017}, school = {PGSD}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bondalem melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligence. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri Bondalem. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bondalem yaitu 8 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan skala sikap. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran IPS dengan strategi Multiple Intelligence yang dilakukan oleh guru. Pedoman wawancara bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru mengenal inteligensi ganda yang dimiliki siswa. Skala sikap digunakan untuk mengukur minat belajar IPS pada siswa. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement dan uji validitas isi. Data kuantitatif dianalisis secara deskripstif kuantitatif sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar IPS pada siswa mengalami peningkatan. Rata-rata nilai skala minat dari 27 siswa pada siklus I adalah 7,2 dengan persentase sebesar 55,6\% dan siklus II adalah 8,0 dengan persentase 85,2\%. Peningkatan rata-rata minat dari pra tindakan ke siklus I sebesar 0,7 dan siklus I ke siklus II sebesar 0,8. Kata kunci: minat belajar IPS, Multiple Intelligence}, url = {http://eprints.uny.ac.id/53114/} }