TY - THES PB - UNY A1 - Sya'diyah, Halimatus N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik instrumen penilaian kinerja; (2) kelayakan instrumen penilaian kinerja; (3) kualitas instrumen penilaian kinerja berdasarkan penilaian guru kimia kelas XI; (4) profil hasil pengukuran keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan; dan (5) profil hasil pengukuran practical skills peserta didik dengan menggunakan instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan empat tahapan yaitu: (1) define meliputi studi lapangan dan analisis kebutuhan; (2) design meliputi penjabaran indikator keterampilan proses sains dan practical skills, dan penyusunan instrumen penilaian kinerja; (3) develop meliputi expert appraisal dan developmental testing; dan (4) disseminate. Subjek uji produk adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Sleman 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar penilaian produk, dan lembar angket guru. Teknik analisis data yaitu analisis validasi V Aiken dan reliabilitas antar rater ICC dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah: (1) karakteristik instrumen penilaian kinerja yaitu instrumen penilaian kinerja terdiri atas lembar observasi checklist disertai silabus, RPP, LKPD, dan soal kognitif; serta dapat digunakan dalam pembelajaran kimia materi asam basa dengan menerapkan pendekatan saintifik untuk mengukur keterampilan proses sains dan practical skills peserta didik; (2) instrumen penilaian kinerja dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan; (3) kualitas instrumen penilaian kinerja sangat baik berdasarkan hasil penilaian guru kimia kelas XI; (4) profil hasil pengukuran keterampilan proses sains peserta didik pada aspek menginterpretasi data, menghitung, dan mengklasifikasi berada di kategori sangat tinggi; menginferensi, menentukan variabel, menyusun hipotesis, dan merancang percobaan berada di kategori tinggi; memprediksi dan mengomunikasi dengan kategori cukup; dan (5) profil hasil pengukuran practical skills peserta didik pada aspek procedural and manipulative skills, observational skills, dan reporting and interpretative skills berada di kategori sangat tinggi; drawing skills dengan kategori cukup. Y1 - 2017/07/28/ UR - http://eprints.uny.ac.id/53088/ TI - Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Practical Skills Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa AV - public KW - pendidikan - tes dan pengukuran KW - kimia M1 - tesis ID - UNY53088 ER -