@phdthesis{UNY53040,
            year = {2017},
           month = {October},
           title = {UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR  MELALUI TARI TOPI SAYA PADA KELOMPOK B TK ABA BROSOT I KULON PROGO},
          school = {PAUD},
          author = {Susanti Susi Setiana},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui tari topi saya di kelompok B TK ABA Brosot I Kulon Progo. Keterampilan motorik kasar yang diteliti meliputi kelenturan, kelincahan dan keseimbangan. 
	Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini semua anak kelompok B1 TK ABA Brosot I Kulon Progo. Jumlah anak sebanyak 15 anak, yaitu 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif  kuantitatif.
	Hasil penelitian perkembangan motorik kasar anak TK B pada pra Siklus hasilnya belum ada anak yang mendapatkan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), karena belum menggunakan tari topi saya. Kemudian pada Siklus I sudah menggunakan tarian yaitu tari topi saya dan ada 7 anak dengan rata-rata kemampuan motorik kasar 73,33\% dalam satu kelas dengan kriteria BSH, karena masih banyak anak yang memerlukan bantuan dan anak juga baru mengenal tarian tersebut jadi hasilnya belum maksimal. Langkah-langkahnya yaitu, (1) memberi  penjelasan tentang Tari topi saya menggunakan properti topi, (2) menata anak membuat barisan, (3) memberikan contoh gerakan tari, (4) melakukan tari topi saya. Hasil pada penelitian Siklus II mencapai 15 anak dengan rata-rata kemampuan motorik kasar 97,77\% dengan kategori BSB, caranya dengan Siklus I akan tetapi pada Siklus II (1) lebih memperjelas pemberian dan langkah-langkah tari topi saya dengan pemberian contoh kongkrit, (2) menyederhanakan gerakan agar mudah dipahami anak seperti gerakan trisik menjadi jalan di tempat (3) mengingatkan anak untuk memperhatikan dan fokus dengan gerakan tari topi saya .

Kata Kunci: keterampilan motorik kasar, tari topi saya, anak kelompok B},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/53040/}
}