TY - THES N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menyusun modul pengayaan materi kimia SMA kelas X yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan untuk meogetahui kualitas modul yang telah di'sttsun berdasarkah penilaian guru kimia WA/MA. Penyusunan modul pengayean ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian modul pengayaan berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan bleh 5 orang guru kimia SMA/MA yang mengajar kelas reguler maupun internasional baik negeri maupuri swasta di kota Yogyakarta. fenilaian yang dilakukah trieliputi 7 aspek penilaian dengan 31 indikatot penilaian. 14asil penitaiari berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuarltitatif, kemudian ditabulttsi dan diahalisis demgan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul pengayaan. Produk pelleliflan ini berupa modul pengayaan untuk siswa SMA kelas X. Modul pengayaan tersebut terdiri dari 5 modul, yaitu atom, molekul, mot, dan stoikiometri, struktur atom, perhitungan volumetrik, ikatan kimia, dan zat padat, zat eair dan gas. Komponen modul pengayaan terdiri dari petunjuk penggunaan modul, lembar kegiatan siswa, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, kunci lembar kerja siswa, kunei lembar evaluasi dan glosarium. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, modul pengayaan yang telah disusun mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata-rata 123,32 dan persentase keidealan sebesar 79,561 %. Oleh karena itu, modul ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa-siswa SMAIMA kelas X. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/5302/ Y1 - 2010/09/03/ ID - UNY5302 AV - public A1 - Ratna Diah, Eka Perawati PB - UNY TI - PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN MATERI KIMIA SMA KELAS X ER -