TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. 2) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. 3) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA N 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian sensus dengan populasi sebanyak 113 siswa kelas X IPS SMA N 1 Karanganom Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach?s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 5,656 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 4,296 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung 44,482 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,447 atau 44,7% yang mengindikasikan bahwa motivasi belajar ekonomi siswa dapat dijelaskan oleh variabel persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran sebesar 44,7%, sedangkan sisanya 55,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Y1 - 2017/09/12/ PB - Fakultas Ekonomi A1 - Cahyanuari, Seffri Indah TI - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - public KW - Persepsi Siswa KW - Metode Mengajar Guru KW - Penggunaan Media Pembelajaran KW - Motivasi Belajar Ekonomi M1 - skripsi ID - UNY53007 UR - http://eprints.uny.ac.id/53007/ ER -