%A A Yusuf Malik ch A Yusuf Malik ch %T BUDAYA SEKOLAH SMA KOLESE DE BRITTO SEBAGAI SEKOLAH BERPREDIKAT PERPUSTAKAAN TERBAIK SE DIY %X Tujuan penelitian ini pertama mendeskripsikan budaya SMA Kolese De Britto. Kedua mendeskripsikan keterkaitan pengelolaan perpustakaan dan budaya yang berkembang di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari Direksi, Guru, siswa, dan Pustakawan. Validasi data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data. Proses analisa data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Milles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Kolese De Britto adalah sekolah yang khas. Budaya sekolah SMA Kolese De Britto dapat dilihat dalam tiga wujud, yaitu wujud ide berupa visi misi yang mudah dipahami dan gagasan teknis pelaksanaan proses pembelajaran, wujud aktifitas berupa interaksi warga sekolah di dalam kelas dan di luar kelas dan wujud fisik berupa kondisi bangungan dan prasarana lainnya. Budaya yang berkembang sebagai berikut, pendidikan bebas, center of leadership, cura personale, dan keteladanan. Pendidikan bebas adalah konsep dasar, center of leadership adalah visi sekolah yang menekankan pada empat karakter kepemimpinan, kompeten, berbela rasa, dan berhati nurani benar. Cura personale adalah metode yang dikembangkan sekolah agar masing-masing siswa mengenali potensinya, sehingga menjadi pemimpin yang kompeten, berbela rasa dan berhati nurani benar. Keteladanan adalah budaya yang berkembang di Kolese De Britto, tetapi tidak tercantum dalam visi misi. Ada tiga keteladanan yang berkembang, pertama rasa memiliki terhadap sekolah, kedua disiplin, dan ketiga religiusitas. Keterkaitan pengelolaan perpustakaan sekolah dan budaya sekolah adalah perpustakaan sekolah SMA Kolese De Britto sebagai unit kerja pendukung ketercapaian karakter pemimpin yang kompeten. Kontribusi pendukung itu, pertama program forum olah fikir, kedua menyediakan sumber belajar utama siswa dalam program Karya ilmiah dan kegiatan belajar mengajar regular. Kesan para siswa terhadap perpustakaan ada tiga, pertama perpustakaan sangat membantu mereka mencapai prestasi akademik. Kedua koleksi-koleksinya inspiratif untuk melihat realitas masyarakat dan ketiga perpustakaan adalah tempat yang nyaman dan menyenangkan. Kata kunci: kultur sekolah, Perpustakaan sekolah, SMA Kolese De Britto %D 2017 %L UNY52945 %I FIS