@phdthesis{UNY52930, year = {2017}, month = {May}, author = {Nahampun Damayanti}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB C KARYA BHAKTI PURWOREJO}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang kompetensi kepribadian guru dalam pelaksanaan pembelajaran anak autis di SLB C Karya Bhakti Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru SLB C Karya Bhakti yang mengajar dikelas autis sebanyak 4 orang. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang terdiri atas mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki kompetensi kepribadian sebagai guru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dan telah diterapkan dalam pembelajaran bagi anak autis. Guru memiliki kepribadian yang mantap dan stabil, bersikap arif dan bijaksana, memiliki kewibawaan sebagai guru, bersikap dan bertindak secara dewasa, berahlak mulia, dan menampilkan keteladanan bagi peserta didik. Kemampuan subjek dalam menerapkan kompetensi kepribadian sebagai guru bagi anak-anak autis selain berbekal pengetahuan dan pendidikan sebagai guru juga didasari penghayatan akan visi misi SLB C Karya Bhakti yakni menciptakan pendidikan berciri khas cinta kasih. Namun, untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru masih tetap membutuhkan pelatihan dan pembinaan. Disisi lain, dari pihak guru dibutuhkan sikap keterbukaan dalam menyampaikan permasalahan yang dialami ke pihak sekolah}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52930/} }