relation: http://eprints.uny.ac.id/52863/ title: KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH creator: Nur, Arifah subject: Pendidikan Guru PAUD description: Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja guru dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik yang terdiri dari sepuluh sub kompetensi di Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala dengan 2 alternatif jawaban, terdiri atas 37 butir pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian sampel jenuh dimana sampel dalam penelitian ini adalah guru TK se-Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 95 guru. Kinerja guru dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik yang dinilai dari sepuluh sub kompetensi di Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Jawa Tengah bahwa 4 sub kompetensi pedagogik pada predikat sangat baik, 3 sub kompetensi pada predikat baik, dan 3 sub kompetensi pada predikat cukup baik dengan hasil masing-masing persentase kinerja dalam pelaksanaan kompetensi mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik (94,50%), menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat (97,9%), merancang kegiatan pengembangan berdasarkan kurikulum (54,9%), menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik (91,7%), memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik (46,3%), mengembangkan potensi untuk pengaktualisasian diri (71,9%), berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun (100%), menyelenggarakan dan membuat laporan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar (67,4%), menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan (74,7%), melakukan tindakan reflektif, korektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pengembangan (58,6%). Kata kunci: kinerja, guru, taman kanak-kanak date: 2017-09-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52863/1/Skripsi_Nur%20Arifah_13111241017.pdf identifier: Nur, Arifah (2017) KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, PAUD.