TY - THES ID - UNY52850 M1 - tesis AV - public KW - asam basa KW - pembelajaran berbasis proyek KW - pemahaman konsep KW - keterampilan proses sains TI - Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Asam Basa. UR - http://eprints.uny.ac.id/52850/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik kelas XI yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran 5M di dalam mempelajari materi Asam Basa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan disain posttest control group only. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA/MA se-Indonesia yang setara. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA N 1 Tegal sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen soal posttest pemahaman konsep berbentuk uraian dengan menggunakan pedoman penskoran untuk soal uraian dan lembar observasi yang berpedoman pada rubrik penilaian keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multivariat (MANOVA) dengan uji statistik T2 Hotelling?s pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik kelas XI yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran 5M dalam mempelajari materi Asam Basa. Y1 - 2017/07/28/ PB - UNY A1 - Wijayanti, Sukma Wahyu ER -