TY - THES Y1 - 2017/09/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan game edukasi menggunakan Construct 2 sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran Sistem Gerak pada Manusia yang menarik dan menyenangkan. (2) menguji kualitas aplikasi game Petualangan Si Boni berdasarkan Discipline testing yang meliputi aspek balance testing, compatibility testing, compliance testing, playtesting, usability testing, dan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau dikenal dengan metode Research and Development. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Tahap pengujian kualitas dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Tahap implementasi dan evaluasi dilakukan terhadap peserta didik SMA Negeri 1 Piyungan kelas XI IPA dengan jumlah responden 31 orang. Teknik dalam pengumpulan data berupa observasi dan kuesioner. Penelitian ini mendapatkan hasil : (1) Menghasilkan game ?Petualangan Si Boni? menggunakan Construct 2 sebagai media pembelajaran Sistem Gerak pada Manusia (2) hasil pengujian ahli media untuk menilai kualitas game didapatkan hasil sangat layak dengan dengan persentase rata-rata kelayakan 93,10%. Sedangkan untuk penilaian materi didapatkan hasil sangat layak dengan persentase 100%. Pada tahap implementasi yang diberikan pada peserta didik yaitu mendapatkan hasil layak dengan presentase rata-rata 78,2%. A1 - Afina, Auliani PB - Fakultas Teknik AV - public TI - PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 KW - game edukasi KW - Research and Development KW - Construct 2 KW - game testing discipline ID - UNY52843 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/52843/ ER -