relation: http://eprints.uny.ac.id/52840/ title: Pengembangan Tes Problem Solving Skills Fisika SMA Menggunakan Computerized Adaptive Test (CAT) serta Efektivitas Penerapannya creator: Nadapdap, Amipa Tri Yanti subject: Fisika description: Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan instrumen tes problem solving skills untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika; (2) mengetahui karakteristik tes problem solving skills yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika; dan (3) mengetahui efektivitas penggunaaan tes menggunakan Computerized Adaptive Test. Penelitian ini merupakan Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan ialah 52 butir tes problem solving skills fisika dengan 8 anchor pada materi elastisitas, fluida statis, suhu dan kalor, dan alat optik. Produk dan instrumen yang dikembangkan divalidasi oleh 6 Ahli. Subjek uji coba lapangan dilakukan pada 281 peserta didik dari SMA Negeri 1 Wates, SMA Negeri 2 Wates dan SMA Negeri 1 Pengasih di Kabupaten Kulon Progo. Teknik analisis data menggunakan pendekatan IRT (Item Respon Theory) kategori PCM (Parcial Credit Model). Tes yang dinyatakan memenuhi kriteria layak dan valid diinput ke dalam media CAT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakteristik produk yang dikembangkan terdiri dari 2 set tes problem solving skills pilihan ganda beralasan, terbukti butir tes fit dengan PCM. Berdasarkan batas terendah dan tertinggi INFIT MNSQ 0,77 dan 1,3, item sebanyak 52 semuanya fit dengan model. Tingkat kesulitan item antara -0,12 sampai 0,88. Realibilitas tes tahap ujicoba sebesar 0,79. 2) Berdasarkan telaah ahli dan uji coba empiris instrumen tes yang dikembangkan layak digunakan. Berdasarkan telaah ahli maka tes memenuhi validitasi isi dengan rerata validasi sebesar 0,9 terkategori tinggi, 3) Berdasarkan respon peserta didik dan pendidik diperoleh sebesar 86% menyatakan bahwa tes menggunakan media CAT efektif digunakan dalam pembelajaran di SMA. Dengan demikian tes problem solving skills dapat digunakan dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik di kelas X semester genap. date: 2017-07-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52840/1/tesis-amipa-tri-yanti-nadapdap-15726251019.pdf identifier: Nadapdap, Amipa Tri Yanti (2017) Pengembangan Tes Problem Solving Skills Fisika SMA Menggunakan Computerized Adaptive Test (CAT) serta Efektivitas Penerapannya. S2 thesis, UNY.