%0 Thesis %9 S2 %A Dosi, Fransiskus %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:52819 %I UNY %K bahasa Jerman, teknologi pendidikan %T Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Kelas X SMAN I Ngemplak %U http://eprints.uny.ac.id/52819/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman kelas X Materi Kennenlernen (Berkenalan), (2) mengetahui kebermanfaatan produk dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Jerman kelas X SMAN I Ngemplak. Penelitian pengembangan ini menggabungkan tiga model pengembangan yang diformulasikan oleh Borg & Gall, Dick & Carey, dan Allessi & Trollip. Langkah-langkah pengembangan dibagi menjadi 4 fase, yaitu studi pendahuluan, pengembangan instruksional, pengembangan multimedia, dan evaluasi. Uji kelayakan melibatkan 2 ahli materi dan 2 ahli media pada uji alpha dan kemudian uji beta dilakukan oleh kelas X MIPA 2 yang berjumlah 28 peserta didik. Setelah uji beta dilanjutkan dengan tes sumatif yang melibatkan 32 peserta didik kelas X MIPA I SMAN I Ngemplak. Uji sumatif dilaksankan untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Jerman. Proses pengumpulan data menggunakan beberapa instrument, antara lain angket analisis kebutuhan, lembar validasi produk untuk ahli materi, lembar validasi produk untuk ahli media, kuisoner untuk respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini berupa produk multimedia pembelajaran yang dinilai sangat baik pada saat uji alpha dan uji beta sehingga layak untuk digunakan pada uji sumatif. Keefektifan produk dibuktikan melalui perolehan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. Nilai rata-rata peserta didik peserta didik pada keterampilan menyimak bahasa Jerman mengalami kenaikan setelah belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran.