%0 Thesis %9 S1 %A Zakia, Rosmawati %A Bambang Sumarno, HM %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:52810 %I UNY %K media pembelajaran, interaktif, dan peluang %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI PELUANG DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 1 GAMPING %U http://eprints.uny.ac.id/52810/ %X Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif untuk materi peluang kelas XI IPA SMA dan mendeskripsikan kelayakannya ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI dan 1 guru matematika di SMA Negeri 1 Gamping. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas media pembelajaran yang dikembangkan yaitu: (1) angket validasi oleh ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan, (2) angket respon guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan (3) soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Berdasarkan penilaian oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan guru. Diperoleh hasil media pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan adalah valid dengan skor 2,94 dari skor maksimal 3, aspek kepraktisan adalah praktis dengan skor 3,95 dari skor maksimal 5, dan aspek keefektifan adalah efektif berdasarkan hasil tes belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 93,125% yang berarti sangat baik.