%0 Thesis %9 S1 %A Arismawati, Umi %A Widjayanti, Djamilah Bondan %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:52797 %I UNY %K PBL, pemecahan masalah, kepercayaan diri %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SANDEN, YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/52797/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta dan (2) apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode 1) One-Shot Case Study, untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa dan 2) One-Group Pretest-Posttest Design, untuk memperoleh data mengenai kepercayaan diri siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah, angket kepercayaan diri siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test, paired sample t-test, dan uji proporsi satu sampel. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Learning pada materi segiempat tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta dan (2) Model pembelajaran Problem Based Learning pada materi segiempat efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta.