relation: http://eprints.uny.ac.id/52782/ title: REDEFINISI MAKNA HISTORIS BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI GERAKAN PERUBAHAN SOSIAL creator: Bahrinsyah, Fathur Rahman subject: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan subject: Bimbingan subject: Konseling subject: Filsafat dan Sosiologi Pendidikan description: Kemajuan bimbingan dan konseling yang telah terjadi sampai dengan saat ini menyisakan beberapa pertanyaan penting, yakni apakah bimbingan dan konseling telah terimplementasi dengan baik sesuai dengan gagasan historis yang melatarbelakangi kelahirannya itu sendiri? Ataukah elan vital utama dari bimbingan dan konseling telah lama menguap seiring perkembangannya dan menjadikannya tak lebih sebagai alat instrumental-komplementer dalam perkembangan pendidikan yang semakin berwatak neo-liberal? Dalam paper ini, penulis mencoba memaparkan secara ringkas jawaban terhadap permasalahan di atas yang mencakup tentang, 1). Latar historis dan sosial kelahiran gerakan bimbingan dan kontribusi Frank Parsons sebagai Bapak Bimbingan dan Konseling terhadap arus besar perubahan sosial, dan 2). Identifikasi dinamika perubahan sosial yang telah dan sedang terjadi di Indonesia dan bagaimana dampaknya terhadap perkembangan bimbingan dan konseling. date: 2014-09-27 type: Conference or Workshop Item type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/52782/1/REDEFINISI%20SEJARAH%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20SEBAGAI%20GERAKAN%20REFORMASI%20SOSIAL%20proceeding%20seminar%20FIP.pdf identifier: Bahrinsyah, Fathur Rahman (2014) REDEFINISI MAKNA HISTORIS BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI GERAKAN PERUBAHAN SOSIAL. In: Seminar Nasional FIP UNY, 24 September 2014, Ruang Abdullah Sigit, FIP UNY.