eprintid: 52764 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1190 dir: disk0/00/05/27/64 datestamp: 2017-09-11 05:24:28 lastmod: 2019-01-30 15:07:47 status_changed: 2017-09-11 05:24:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Arya, Wresniwira creators_id: paud@uny.ac.id title: PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MODEL SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pssd_pgpaud divisions: fip_paud full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan pendidikan karakter di TK Model Sleman Yogyakarta. TK Model dipilih karena menurut wawancara dengan pihak guru TK tersebut telah melaksanakan pendidikan karakter. Pendidikan karakter di TK Model sudah berlangsung sejak pertama kali TK tersebut mulai beroperasional yaitu tahun 2008/2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian meliputi: 1) Alasan TK Model melaksanakan pendidikan karakter adalah sekolah tidak hanya menginginkan anak cerdas pada kognitifnya saja namun juga berkembang pada sisi kepribadiannya; 2) Nilai-nilai yang ditanamkan di TK Model yaitu: (a) disiplin, (b) tanggung jawab, (c) tertib, (d) religius, (e) toleransi, (d) budaya antri, (e) sopan santun, (f) mandiri, (g) menghargai, (h) percaya diri, (i) patuh, (j) kepemimpinan, (k) jujur, (l) empati, (m) tolong-menolong, dan (n) kasih sayang; 3) Proses penanaman nilai-nilai karakter dilakukan melalui program-program sekolah; 4) Pihak-pihak yang berperan dalam pendidikan karater di TK Model meliputi kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak; 5) Faktor pendukung pendidikan karakter di TK Model meliputi: guru yang memiliki kompetensi, guru yang berkomitmen dalam pelaksanaan pendidikan karakter, orang tua yang ikut berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter; 6) Faktor penghambat pendidikan karakter di TK model meliputi: sebagian kecil orang tua masih ada yang menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, ketidakkonsistenan sebagian orang tua dalam pembiasaan kepada anak untuk berperilaku baik. Kata kunci: pendidikan karakter, anak date: 2017-09-11 date_type: published institution: PAUD department: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY thesis_type: skripsi citation: Muhammad Arya, Wresniwira (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MODEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD. document_url: http://eprints.uny.ac.id/52764/1/Muhammad%20Arya%20Wresniwira_12111244001.pdf